Jumat, 05 Juli 2013

Permainan masa kecil yang kurindukan

Diposting oleh my blog di 19.02

Permainan masa kecil yang kurindukan

Masih ingatkah kalian pada permainan di jaman anda masih kecil. Saya masih ingat sekali dengan apa yang saya mainkan sewaktu kecil permainan yang sekarang sudah jarang dilakukan oleh anak kecil jaman sekarang seperti main PS, main di warnet, nongkrong-nongkrong di suatu tempat yang lebih bersifat indoor . Beberapa permainan yang pernah saya mainkan saat kecil diantaranya :

1.       Taplak gunung


Permainan ini banyak sekali namanya, hanya saya lebih mengenanya dengan nama taplak gunung tapi ada juga beberapa yang menyebutnya dengklek dan lain-lain. Permainan ini cara bermainnya loncat-loncat dengan 1 kaki melewati sebuah kotak-kotak seperti gambar. Permainan ini dimenangkan oleh anak yang memiliki banyak rumah di petak tersebut.

2.       Lompat tali


Permainan ini menggunakan karet yang disambung menjadi tali, permainan ini bermacam jenisnya ada yang berdiri, jongkok,putar, dan lain lagi. Biasanya dimainkan oleh para anak perempuan.

3.      Petak umpet

Permainan yang dimulai dengan gambreng, yang kalah harus jadi penjaga dan harus berhitung sesuai kesepakatan. Yang lainnya berlari dan ngumpet di suatu tempat. Setelah selesai menghitung yang jaga harus mencari teman-temannya yang ngumpet kalau sudah ketemu harus segera memukul tempat dia berhitung sambil bilang hong, aspel, apel, atau apalah bahasa yang mereka sepakati.

4.      Galasin


cara bermainnya adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup . Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Sebetulnya masih banyak lagi permainan selain yang diatas seperti wak-wak gung,congklak, benteng, kucing-kucingan, tak jongkok, dll. Berbanggalah kalian yang pernah mengenal permainan-permainan di atas, karena selain membuat senang permainan itu juga sehat atau bisa juga disebut olahraga yang baik buat tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My blog,, Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos