Rabu, 03 Juli 2013

Dampak kenaikan BBM bagi anak kostan

Diposting oleh my blog di 03.59

Dampak kenaikan BBM bagi anak kostan

Baru – baru ini pemerintah telah menaikkan harga BBM, BBM disini maksudnya Bahan Bakar Minyak bukan Blackberry Messenger. Hampir semua kalangan terkena dampak dari kenaikan bbm tersebut, tidak terkecuali anak kostan. Belum lagi harga BBM ini mempengaruhi harga-harga yang lain seperti makanan, ongkos, dll. Jadi itu semua itu lumayan memberikan dampak yang sedikit berbahaya bagi para anak kostan yang belum mendapat tambahan uang bulanan. Beberapa dampak yang sepertinya akan terjadi menurut saya :

1.      Lebih rajin mencuci
Anak kostan akan lebih rajin dalam hal mencuci pakaiannya daripada me-laundry, karena berpikir uang yang seharusnya dipakai untuk me-laundry pakaian bisa dialokasikan ke hal lain.

2.      Mengurangi berpergian
Anak kostan akan mengurangi jadwal berpergiannya, karena dengan berpergian pasti akan ada uang yang harus dikeluarkan, seperti ongkos, makan, minum.

3.      Mengaplikasikan Ilmu ekonominya
Anak kostan dengan kenaikan bbm pasti akan lebih mempertimbangkan pengeluaran dan penerimaan setiap bulannya dibanding sebelum saat terjadi kenaikan bbm dan sepertinya akan lebih perhitungan terhadap uang.

4.      Mengurangi makan
Mengurangi makan disini bukan jatah makannya yang harusnya 3 kali jadi sekali sehari tapi mengurangi lauknya agar lebih murah.

5.      Mengurangi sedekah
Sedekah yang saya maksud disini yaitu memberi uang pada pengamen, jika biasanya anak kostan sering memberi uang receh pada pengamen, sekarang akan menguranginya karena dia juga membutuhkan uang receh tersebut.

Ya kira-kira seperti itu hal-hal yang akan dilakukan anak kostan setelah kenaikan harga BBM, tapi tidak semuanya seperti itu. Tulisan ini hanya hasil pemikiran saya saja yang belum tentu mewakili anak kostan lainnya juga sebagai tugas kuliah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My blog,, Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos