Selasa, 19 November 2013

Pemanasan Global (Global Warming)

Diposting oleh my blog di 03.35
Pemanasan Global (Global Warming) 

Pemanasan global (global warming) adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Akibat pemanasan global ternyata berdampak buruk bagi kesehatan manusia.
Departemen kesehatan memperkirakan terdapat sekitar 35 jenis penyakit infeksi baru yang timbul akibat perubahan iklim. Pemanasan global diakibatkan karena meningkatnya emisi gas, sehingga bumi menyerap lebih banyak energi sinar matahari dari pada yang dilepas kembali ke atmosfer dan berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Dampak pemanasan global yang utama antara lain adalah kerusakan lingkungan yang dapat menyebabkan banjir dan kebakaran hutan.

Pemanasan global semakin meluas akibat semakin banyaknya aktivitas yang didukung teknologi canggih yang kurang memperhatikan dampaknya bagi lingkungan . Pemanasan global membawa dampak yang buruk di indonesia terutama ibu kota kita Jakarta. Daerah khusus Ibu kota (DKI Jakarta) merupakan salah satu wilayah yang sangat rentan terhadap peningkatan curah hujan yang berdampak terhadap kesehatan. Menurut Departemen Kesehatan Jakarta, dampak dari pemanasan global bagi kesehatan yang paling umum dijumpai di wilayah ibu kota Jakarta adalah ISPA (Infeksi Saluran Napas Akut), DBD, malaria, dan diare. Salah satu bahaya atau akibat terburuk dari penyakit tersebut adalah kematian.
Untuk mengatasi masalah tersebut kita harus melakukan upaya antisipasi dari dampak bagi kesehatan yang mungkin timbul karena adanya pemanasan global seperti selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar tempat kita berada dan  menurut saya yang terpenting ialah upaya untuk mengurangi efek dari global warming itu sendiri dengan melakukan hal-hal yang bisa setidaknya tidak memperparah global warming. Upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain :
1.       Melakukan Penghijauan
Lakukan penghijauan dengan menanam pohon, atau tumbuhan lainnya, setidaknya di lingkungan rumah kita sendiri, tapi memang lebih baik jika mengadakan suatu kegiatan penghijauan secara bersama-sama di lahan-lahan yang sekiranya tidak terpakai.
2.       Penghematan Listrik
Menghemat pemakaian listrik dirumah memang tidak berdampak terlalu banyak dalam mengurangi pemanasan global, tapi jika dilakukan oleh banyak orang akan lebih terlihat hasilnya. Seperti kegiatan one hour yang sering diusung pemerintah.
3.      Pembatasan  kepemilikan dan pemakaian kendaraan.
Membatasi kepemilikan kendaraan setidaknya 1 orang hanya boleh memiliki 2 kendaraan pribadi dan kendaraan itu juga tidak boleh serupa. kendaraan yang ke dua harus menggunakan bahan bakar selain premium. Dengan begitu orang-orang dapat menggunakan angkutan umum dan bisa mengurangi kemacetan serta polusi yang dihasilkan kendaraan tersebut. Tentunya dengan perbaikan fasilitas angkutan umum.
4.      Mengurangi pemakaian AC
Penggunaan AC mengeluarkan zat yang bisa membuat lapisan ozon menipis, maka pemakaian nya sebaik dikurangi
5.      Menghemat penggunaan kertas
Kertas dibuat dari pohon, maka dari itu kita harus mengurangi penggunaannya agar penebangan pohon pun berkurang.
6.      Mensosialisasikan hal-hal yang bisa mengurangi efek global warming ke orang sekitar
Dengan memberitahukan dan menjelaskan tentang global warming dan hal apa saja yang dapat mengurangi global warming, orang bisa mengikuti jejak kita dan ikut andil dalam mengurangi efek global warming itu sendiri.
Nah, itu beberapa yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek dari global warming, sebiknya kita harus menerapkannya pada diri sendiri sebelum mensosialisasikan hal tersebut kepada orang lain.

1 komentar:

Unknown on 4 Mei 2015 pukul 02.26 mengatakan...

Memang untuk mengatasi pemanasan global diperlukan usaha yang sangat keras karena hampir mustahil untuk diselesaikan saat ini. Pemanasan global memang sulit diatasi, namun kita bisa mengurangi efeknya.Penangguangan hal ini adalah kesadaran kita terhadap kehidupan bumi di masa depan. Pemanasan global telah menjadi permasalahan yang menjadi sorotan utama umat manusia.Jadi kita perlu mengatasi ini dengan melakukan usaha dan cara untuk menaggulanginya agar bumi kita membaik.

Posting Komentar

 

My blog,, Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos