Selasa, 06 November 2012

Bagaimana Mensosialisasikan Koperasi kepada Masyarakat

Diposting oleh my blog di 07.02


Bagaimana Mensosialisasikan Koperasi kepada Masyarakat


Mungkin saat ini masih banyak masyarakat yang awam tentang koperasi, mereka tahu tapi hanya sekedar tahu atau pernah mendengar saja dan bila ditanya lebih lanjut kebanyakan dari mereka bukan anggota koperasi dan sepertinya tidak berminat untuk terjun langsung menjadi bagian dari koperasi. Koperasi jarang peminatnya di saat sekarang ini.
Sejauh ini koperasi jarang peminatnya dikarenakan ada asumsi yang berkembang dalam masyarakat adalah kegagalan koperasi pada waktu yang lalu tanpa ada pertanggungjawaban kepada masyarakat yang menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat tentang pengelolaan koperasi. Dari sinilah perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat tentang koperasi. Dengan adanya sosialisasi diharapkan pengetahuan masyarakat tentang koperasi akan bertambah. Masyarakat dapat mengetahui bahwa sebenarnya koperasi merupakan ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak kemakmuran yang merata. Sehingga mereka berminat untuk bergabung dan menjadi bagian dari koperasi itu sendiri. Untuk menarik mereka masuk dan bergabung kita harus mengubah paradigma mereka tentang koperasi yang sesungguhnya dengan jalan mensosialisasikannya ke masyarakat luas.
Perencanaan sosialisasi yang tersusun dengan baik tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik pula, target pun akan tercapai yang mengharapkan agar jadi lebih banyak lagi masyarakat yang mengerti apa itu koperasi dan mengapa sebenarnya koperasi itu ialah sebuah organisasi yang menguntungkan bagi para anggotanya. Jika masyarakat sudah mengetahui keuntungan apa sajakah yang akan didapat dari koperasi  dan merasa kalau koperasi itu menguntungkan maka akan lebih banyak lagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi anggota  koperasi. Dan jika target ini tercapai tentunya akan lebih banyak lagi masyarakat yang ikut andil atau bersedia bergabung dengan koperasi. Jika lebih banyak lagi masyarakat yang tahu lebih dalam mengenai koperasi dan bersedia bergabung tentunya secara tidak langsung akan memperbaiki keadaan koperasi saat ini yang sedang mengalami keterpurukan.
Menurut saya ada beberapa cara untuk mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat :
Pertama, bisa dilakukan dengan cara pengurus koperasinya langsung turun tangan mensosialisasikan koperasi kepada masyarakatnya. Contoh mengadakan penyuluhan saat ada acara pertemuan antar warga. Disitu kita jelaskan secara menyeluruh tentang koperasi yang memiliki keistimewaan tersendiri karena selain sebagai anggota koperasi masyarakat juga sebagai pemilik. Koperasi juga memiliki kelebihan tersendiri tentang adanya SHU (Sisa Hasil Usaha) yang keuntungannya akan jatuh ketangan anggotanya itu sendiri. Disana kita juga mengenalkan peraturan-peraturan koperasi dan fungsi koperasi itu sendiri pada masyarakat, mengadakan tanya jawab tentang koperasi supaya masyarakat mengerti apa yang harus mereka lakukan jika bergabung dengan koperasi. Menjelaskan tentang pentingnya simpanan pokok dan simpanan wajib sebagai sumber modal utama koperasi, agar nantinya masyarakat yang menjadi anggota koperasi lebih memahami mengenai kewajibannya untuk mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang berasal dari simpanan pokok tersebut yang nantinya berguna untuk kepentingan bersama bagi setiap anggota koperasi.  Memberikan penjelasan mengenai prinsip koperasi untuk memotivasi kembali warga agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh koperasi dalam upaya mempertinggi kualitas dan kehidupan masyarakat
Sosialisasi koperasi tidak hanya dilakukan untuk orang dewasa, tetapi bisa dilakukan juga untuk para pelajar, dengan adanya koperasi sekolah setidaknya itu sudah membantu mensosialisasikan koperasi. Lalu ditambah ada event-event sekolah yang mengangkat tema koperasi. Pada kegiatan kita berikan informasi mengenai koperasi dan mengapa pentingnya sebuah unit koperasi diperlukan di dalam suatu sekolah, setelah sosialisasi dilakukan sangat diharapkan jumlah sekolah yang memiliki koperasi semakin bertambah. Dengan demikian maka kita telah mengajarkan untuk pelajar  agar dapat terus memanfaatkan koperasi dan meningkatkan kegiatan berkoperasi  sejak dini.
Peran serta pemuda juga sangat dibutuhkan dalam mensosialisasikan karena pemuda memiliki peran yang sangat besar dalam mengembangkan koperasi. Pemuda dipikir dapat mempunyai peranan inovatif dan kreatif dalam mengelola potensi koperasi.
Dalam pensosialisasikan koperasi pemuda kita bahas beberapa materi tentang koperasi yang menjelaskan tentang fungsi koperasi dan semua yang terkait dengan koperasi.
Selanjutnya bisa juga dibuat acara – acara hiburan yang menyelipkan pengetahuan koperasi sebagai selingan.karena dengan adanya hiburan masyarakat akan lebih tertarik.
karena biasanya masyarakat lebih tertarik dengan acara hiburan sehingga mereka akan datang dan secara tidak langsung mendapatkan pengetahuan akan koperasi yang dijelaskan disela-sela acara hiburan itu. Informasi yang akan diberikan juga sama seperti saat memberi penyuluhan antarwarga yaitu mengenalkan peraturan – peraturan koperasi dan fungsi dari koperasi itu sendiri. Menjelaskan tentang pentingnya simpanan pokok dan simpanan wajib sebagai sumber modal utama koperasi, Menjelaskan tentang prinsip-prinsip koperasi untuk memotivasi kembali warga agar dapat bergabung dalam kegiatan usaha yang dibuat oleh koperasi.
Atau bisa juga memanfaatkan media teknologi yang telah maju, seperti internet ataupun dengan media massa seperti Koran dan majalah. Media – media tersebut dapat lebih efektif  karena media tersebut sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Pada media tersebut kita dapat membuat iklan tentang koperasi yang mengiklankan bagaimana kegiatan koperasi, visi dan misi yang di anut, tujuan yang akan dicapai, keuntungan apa yang akan didapat . Dengan pemanfaatan dunia maya atau internet bisa juga dijadikan penguatan jejaring baik internal maupun eksternal lembaga. Bisa dijadikan pula sebagai media kerjasama antara satu lembaga dengan lembaga lainnya dan hasilnya tidak sedikit justru muncul lembaga yang menjadi besar karena jalur “online”nya. Koperasi sebagai salah satu lembaga yang posisinya cukup vital dalam perekonomian bangsa juga harus bisa “berbaur” dengan dunia maya. Selain sebagai media sosialisasi, pemanfaatan fasilitas dunia maya ini juga bisa dijadikan media persuasif kepada publik. Tidak terlalu sulit, banyak ruang kosong yang bisa dijadikan media oleh koperasi untuk publikasi, contoh kecilnya dengan banyaknya situs jejaring sosial semacam facebook dan twitter. Situs jejaring sosial demikian seharusnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh koperasi-koperasi di Indonesia untuk lebih melancarkan aktivitasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My blog,, Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos