Sabtu, 26 Januari 2013

Banjir Jakarta

Diposting oleh my blog di 09.48

Banjir Jakarta


Mendengar kata banjir di jakarta bukan hal yang aneh lagi, dan sudah tidak asing di telinga orang indonesia. Banjir yang sudah menjadi musiman selama 5 tahun sekali disebabkan oleh musim penghujan yang sudah tidak tentu lagi waktunya, ini disebabkan karena ada pengaruh dari Global Warming. Banjir terparah  kali ini melanda daerah Jakarta dan sekitarnya.
Ibukota Indonesia tercinta terkena banjir, memang terdengar sangat miris tapi beginilah kenyataan yang baru beberapa hari ini terjadi. Hampir semua kegiatan baik ekonomi, sosial, dan politik pun terganggu akan hadirnya banjir tersebut.
Dan lebih parahnya banjir yang terjadi tahun ini tahun 2013 terbilang cukup parah dibandingkan banjir musiman sebelumnya, Hal ini diperkuat dengan banjirnya kawasan bundaran HI (Hotel Indonesia) yang menurut pak jokowi yang saya baca melalui internet bukan disebabkan oleh sampah yang menumpuk melainkan disebabkan oleh gorong-gorong yang kecil sehingga tidak dapat menampung banyak air hujan yang turun dengan intensitas cukup tinggi serta air kiriman dari bogor dan depok.
Keadaan seperti ini akan terus dihadapi jika tidak ada gerakan untuk perbaikan terhadap keadaan tata kota jakarta. Keadaan yang sangat memprihatinkan ini harus segera ditanggulangi minimal diperbaiki dalam jangka pendek ini.
Memang terlalu mustahil untuk membuat secara cepat agar jakarta tidak terkena banjir lagi, tapi setidaknya pemerintah harus mengurangi titik-titik rawan banjir di jakarta. Maka dari itu apa yang seharusnya kita lakukan untuk mencegah datangnya banjir lagi.
Jokowi menawarkan solusi untuk mencegah banjir tersebut.
Manajemen yang dicoba Jokowi ialah titik evakuasi, titik dapur umum dan titik lainnya. Sehingga ketika bencana datang tidak lagi mencari-cari. Selain simulasi, bentuk antisipasi lainnya ialah kerja bakti jangka pendek, jangka panjang dan pelebaran kali. Semoga saja Jakarta tahun ini tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu 'sengsara' kala banjir datang . twdclub.com
Selain saran dari Jokowi, masyarakat sendiri harus melakukan perubahan itu, masyarakat harus membantu dan turut andil dalam permasalahan ini, tidak semata-mata menyerahkan semua ini kepada sang walikota beserta wakilnya. Dimulai dari diri sendiri seperti membuang sampah pada tempatnya, lalu membuat lubang biopori disekitar halaman rumah, memang terkesan sederhana tapi bila diterapkan oleh semua masyarakat akan berdampak cukup baik. Mari mengubah Jakarta agar ibukota tercinta kita tidak lagi terendam banjir !

0 komentar:

Posting Komentar

 

My blog,, Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos