Selasa, 02 Juli 2013

Biografi Orang Sukses seri Kanosuke Matsushita (National, Panasonic)

Diposting oleh my blog di 05.33


Biografi Orang Sukses seri Kanosuke Matsushita (National, Panasonic)

Saya akan menceritakan kembali buku tentang biografi orang sukses yang saya baca, sedikit sharing bagaimana para tokoh-tokoh terkenal yang akhirnya mencapai kesuksesannya. Semoga bisa menjadi motivasi untuk para pembaca, Let’s check this out..

Di sebuah keluarga petani pada tanggal 27 November lahirlah seorang anak bungsu dari 8 bersaudara  pasangan Makasuku dan Tokue yang diberi nama Konosuke Matsushita. Keluarga mereka sebetulnya keluarga yang berada namun karena ayahnya mencoba berdagang beras dengan berspekulasi tanpa mengetahui dasarnya akhirnya keluarga ini pun bangkrut sehingga sawah dan rumah yang digadaikan pada lintah darat, disita tanpa ampun.
Tahun 1898, Mereka semua pindah ke kota Wakayama memulai kehidupan baru, ayah konosuke menjadi pembuat geta (sandal dari kayu) meskipun begitu penghasilannya tidak cukup untuk memberi makan semua keluarga. Anak-anak yang besar jarang makan, maka kondisi tubuh mereka mudah terserang penyakit, dan akhirnya ketiga kakaknya meninggal. Ayah dan ketiga kakaknya mencari kerja kekota..

Karena melaratnya, hingga saat kematian ayahnya tidak ada satupun pelayat yang datang ke pemakaman selain dari keluarga mereka sendiri. Kanosuke sangat terharu dengan pengalaman itu dan ia berjanji tidak mau menjadi orang miskin dan dia tidak mau kalau mati nanti tidak ada yang melayat.

Ia terpaksa harus keluar dari sekolah untuk mencari pekerjaan, mulai dari jongos sampai menjadi penjaga toko sepeda. Hingga pada suatu hari ia melihat Trem Listrik. Kanosuke sangat takjub, menurutnya betapa hebatnya tenaga listrik itu karena kereta yang begitu besar dan kuat dapat dibuatnya bergerak. Sejak saat itu dia mempunyai cita-cita untuk membuat barang-barang yang ada kaitannya dengan listrik. Pabriknya yang pertama adalah membuat fitting atau rumah lampu, namun karena tidak berpengalaman, maka hasilnya jauh dari sempurna, sangat empuk, meletot sana meletot sini, jangankan bisa dijual, diberikan ke orang gratis saja tidak ada yang mau. Tapi untung ada orang yang minta di buatkan sebuah alat menggunakan mesin yang konosuke punya, jadi untuk sementara konosuke mengerjakan pesanan itu dulu. Karena hasilnya bagus pesanan pun bertambah. Kemudian konosuke kembali pada cita-cita lamanya yaitu membuat fitting, akhirnya berhasil lalu membuat steker, setrika, lampu sepeda, lampu senter, bahkan radio yang saat itu perkembangan radio sulit untuk jangka panjang. Kanosuke pun tetap berusaha dan berhasil membuat radio dengan mutu yang bagus. Akhirnya kanosuke mempunyai beberapa pabrik beserta ratusan pekerja. Setiap jenis barang dikelola satu perusahaan. 

Perjalanan usaha Konosuke tidak selalu berjalan dengan lancar sempat ada perang yang menghancurkan banyak kota dijepang, termasuk beberapa pabrik konosuke. Negara jepang menyerah terhadap sekutu dan memulai segalanya dari nol. Selain itu konosuke pun telah dituduh membantu jepang dalam perang sehingga oleh pemerintah sekutu konosuke diperintah untuk menghentikan kegiatan perusahaan. Konosuke pun menurut, selama berbulan-bulan ia hanya diam saja melamun, akhirnya atas usul istrinya ia membuat orgaisasi kemanusiaan yang bernama PHP : PEACE, HAPPINESS, dan PROSPERITY yang artinya bahwa kedamaian serta kebahagiaan itu diperoleh dari kemakmuran. Salah satu kegiatan PHP adalah membuat majalah untuk menyebarkan semangat agar jepang segera makmur lagi. Setelah 5 tahun sekutu menyelidiki akhirnya konosuke tidak bersangkutan dan boleh mendirikan usaha lagi. Konosuke langsung mengadakan rapat dan dengan semangat mereka pun membangun semua nya dari awal lagi. Akhirnya 3 bulan kemudian roda pabrik pun mulai berjalan kembali. Konosuke pun tidak puas hanya dengan menghasilkan barang-barang yang itu saja maka ia pun terus belajar ke luar negeri dari negara AS hingga Belanda ia terus belajar dan pada tahun 1963 ia bisa membuat TV, Mesin cuci, dan Kulkas. Antara tahun 1956-1958 konosuke matsushita mengeluarkan rice cooker, vacum cleaner, blender, radio transistor, kompor gas, tape recorder dan AC.

Pada Januari 1961, Konosuke Matsushita mengundurkan diri jadi komisaris, kemudian jabatannya diserahkan kepada menantunya. Konosuke menghabiskan masa tuanya di Shin Shin An di Kyoto. Dia lebih memfokuskan pada organisasi PHP nya. Kanosuke juga menulis beberapa buku. Konosuke Matsushita sangat dihormati, Universitas Waseda, Universitas Keio, Universitas Doshiya menganugerahkan gelar Doktor. 1980 ia mendirikan sekolah Matsushita Seikei Juku dikota Chigasaki Kanagawa. Tahun 1987 Konosuke Matsushita mendapat penghargaan tertinggi Kyokujitsu Toka Daijusho, karena jadi perusahaan terbesar di Jepang saat itu dengan pangsa pasar 24% dari 10 perusahaan sejenis. 27 April 1989 jam 10.06 Konosuke Matsushita meninggal dalam usia 94 tahun. Banyak yang melayat termasuk direktur philips Belanda, PM Jepang, dan Presiden AS waktu itu. Pemakaman disiarkan ke seluruh cabang perusahaan.
Produknya sampai sekarang masih terkenal, yaitu macam-macam barang elektronik dengan merek National, Panasonic, Technics, Quasar, dll. Pabriknya tersebar diseluruh dunia termasuk Indonesia.

2 komentar:

Putry Amouy on 12 Agustus 2020 pukul 23.18 mengatakan...

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Putry Amouy on 13 Agustus 2020 pukul 21.11 mengatakan...

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Posting Komentar

 

My blog,, Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos