Minggu, 16 Juni 2013

Jakarta dan Makanan Khas-nya (part 1)

Diposting oleh my blog di 00.09
Jakarta dan Makanan khas-nya
Pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang sejarah Jakarta dan berbagai kesenian yang dimiliki oleh Jakarta itu sendiri. Selain yang kesenian yang khas dari Jakarta, Jakarta juga memiliki makanan khas Jakarta yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang betawi asli, namun mungkin para penduduk Jakarta yang berasal dari luar Jakarta atau bukan orang betawi asli pastinya masih ada yang  belum mengetahui tentang makanan khas dari Jakarta, untuk itu saya akan menjelaskan sedikit tentang makanan khas Jakarta.

1.           Kerak Telor



Kerak telor merupakan salah satu makanan khas daerah Betawi. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan antara lain seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering) dan parutan kelapa yang disangrai kering, serta bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir sebagai bumbu pelengkapnya.

Cara membuat makanan ini cukup unik karena tidak dimasak di atas kompor namun dimasak diatas bara api. Pedagang kerak telor sesekali membalikkan wajan agar permukaan dari kerak telor tersebut juga terpanggang dan matang merata sambil dikipas-kipas agar bara api tetap menyala. Setelah kering dan matang kerak telor siap untuk disajikan.

2.         Asinan Betawi



Asinan betawi merupakan salah satu makanan khas betawi. Asinan betawi ini berisi Taoge, wortel, mentimun, tahu, kerupuk mi, dan bumbu cuka, kombinasi yang pas untuk santapan di siang hari karena member efek segar bagi penikmatnya.

3.         Ayam Sampyok



Ayam Sampyok, hidangan mewah betawi kota dengan sentuhan cita rasa cina yang menyelimuti daging empuk ayam. Perlu diketahui, dua layer proses “pembumbuan” dilakukan untuk mendapatkan rasa lezat Ayam Sampyok ini. Sehingga sedap hingga ke dalam ayam terasa terus hingga akhir santapan.

4.         Dodol Betawi



Dodol yang legit ini sebenarnya tidak kalah pamornya dengan dodol Garut. Sayangnya tidak mudah menjumpai dodol Betawi di ibukota, hanya di kampung Dodol yang terletak bilangan kalibata saja. Kita akan mudah menjumpai dodol Betawi karena wilayah tersebut merupakan sentra produksi dan penjualan dodol Betawi.

5.         Gado Gado Betawi



Gado-gado, makanan khas Betawi yang sudah tidak asing lagi dan terkenal dengan kesegarannya. Gado-gado berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan  dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping  goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat langsung dimakan begitu saja atau dapat juga dimakan beserta nas putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.


6.         Kembang Goyang



Kembang goyang mungkin aslinya adalah makanan orang Cina Peranakan atau orang Cina Peranakan yang mengadopsi makanan ini menjadi makanan mereka? Tidak tahu ya, yang jelas di Singapura, orang2 juga kenal dengan kue kembang goyang ini.

Diatas sebagian makanan khas Jakarta, selain itu masih ada lagi dan akan saya bahas di postingan selanjutnya.

2 komentar:

Putry Amouy on 13 Agustus 2020 pukul 21.10 mengatakan...

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Putry Amouy on 14 Oktober 2020 pukul 20.44 mengatakan...

JOIN NOW
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
Menyediakan Deposit Via Pulsa TELKOMSEL / XL
Dompet Digital Via OVO, DANA, LINK AJA DAN GOPAY
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
WA : +855 88 868 8229
Online 24Jam Bosku
www.dewa-lotto.site
www.dewa-lotto.club

Posting Komentar

 

My blog,, Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos